Menjadi Alternatif Baru Pengganti Nasi, Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Shirataki

Fakta Nyata – Nasi menjadi salah satu makanan wajib bagi sebagian orang di Asia, khususnya di Indonesia. Namun, nasi putih biasa tidak baik jika di konsumsi berlebihan karena akan meningkatkan kadar gula darah, dan juga dapat menyebabkan obesitas. Banyak orang sudah mencari alternatif lain untuk mengganti nasi putih, seperti dengan mengkonsumsi nasi merah, kentang, dan juga jagung. Namun, ada lagi alternatif lain yang bisa mengganti nasi putih. Alternatif tersebut yakni shirataki.

Lalu apa sebenarnya yang disebut dengan shirataki? Shirataki adalah pengganti karbohidrat yang terbuat dari akar konnyaku alias konjac. Konjac sendiri merupakan tanaman umbi-umbian. Umbi yang digunakan untuk membuat shirataki konon dikonsumsi pada saat masa penjajahan, karena mudah ditemukan di hutan. Shirataki sendiri berasal dari negara Jepang, dan saat ini banyak sekali orang yang mulai beralih ke Shirataki karena memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Shirataki juga memiliki fakta-fakta unik lainnya, diantaranya yakni :

1. Shirataki sudah ada sejak dulu namun baru viral sekarang

Seperti penjelasan sebelumnya, Shirataki sebenarnya sudah mulai dikonsumsi pada masa penjajahan, namun saat ini baru viral dan dikonsumsi oleh masyarakat. Namun ternyata, orang Asia lebih tepatnya sudah mengkonsumsi shirataki sejak 2.000 tahun yang lalu lho!

2. Rendah Kalori dan tinggi serat

Karena Shirataki merupakan alternatif pengganti nasi, tentunya Shirataki memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan nasi putih biasa sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Setiap 100 gram Shirataki mengandung kurang lebih 15 kalori; 0,02 gram lemak; 3,44 gram karbohidrat; 0,19 gram protein. Selain itu, Shirataki juga memiliki kandungan air yang cukup banyak yakni sebesar 97%.

Shirataki juga tinggi akan serat lho karena mengandung serat glucomannan, sehingga akan membuatmu lebih cepat kenyang saat makan. Dalam serat di Shirataki, terdapat 16 asam amino, vitamin dan mineral aktif seperti zat besi, potasium, fosfor, selenium, dan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, nasi shirataki juga ternyata tidak memiliki kalori sama sekali dan juga memiliki kandungan gula yang sangat rendah.

 

3. Ada 4 bentuk Shirataki

Shirataki tetap bisa kamu konsumsi lho jika kamu lagi bosen dengan makanan sehat yang itu-itu saja, karena shirataki punya 4 bentuk yang bisa kamu olah sesuka hati kamu. 4 bentuk shirataki tersebut diantaranya yakni beras, mie, kwetiaw, dan juga bihun. Shirataki juga punya 2 jenis sebelum diolah yakni yang kering dan juga basah.