Hewan Asli Australia, Inilah 4 Fakta Unik Dari Koala

Fakta Nyata РAustralia memiliki hewan endemik yang sangat terkenal akan keunikannya, salah satu hewan endemik Australia yakni Koala. Koala merupakan hewan satu-satunya yang berasal dari keluarga Phascolarctidae. Sama seperti Kangguru yang juga hewan endemik Australia, Koala juga termasuk hewan Marsupialia yang memiliki kantung di perutnya. Kantong di perut Koala berfungsi sebagai tempat melindungi bayi koala yang baru lahir.

Selain memiliki kantong di bagian perut, nama koala sendiri juga unik karena nama ini berasal dari suku Aborigin yang merupakan suku asli benua Australia. Koala dalam bahasa Aborigin memiliki arti yakni minum, namun hal yang membuat ini menjadi unik adalah Koala merupakan salah satu hewan yang jarang minum air putih dan lebih sering makan daun kayu putih. Selain fakta-fakta tersebut, hewan lucu berhidung besar ini masih memiliki fakta-fakta unik dan menarik lainnya. Berikut ini merupakan 4 fakta unik dari hewan koala, yakni :

 

1. Makanan utamanya adalah daun kayu putih

Fakta unik pertama dari Koala adalah mereka sangat gemar makan daun kayu putih, dan daun jenis tersebut menjadi makanan utama dari Koala. Namun meskipun gemar daun kayu putih, Koala hanya makan jenis daun kayu putih yang mereka sukai saja. Dari 700 lebih spesies kayu putih, yang digemari oleh Koala hanya sekitar 50 spesies saja.

Setiap harinya, Koala dewasa bisa mengkonsumsi daun kayu putih sebanyak 1 kilogram. Koala termasuk hewan yang “ribet” dalam urusan makanan karena mereka hanya akan makan daun kayu putih dari pohon tempat mereka tinggal serta mereka akan hanya akan makan daun muda yang berada di puncak pohon kayu putih.

 

2. Termasuk salah satu hewan paling malas

Koala termasuk salah satu hewan termalas yang pernah ada, karena selain mereka hanya ingin makan daun di pohon tempat mereka tinggal, Koala juga menghabiskan banyak waktunya hanya untuk tidur saja. Seekor koala dewasa bahkan bisa menghabiskan waktu 18 hingga 22 jam dalam sehari hanya untuk tidur. Sisa 2 jam dalam kesehariannya mereka gunakan untuk mencari daun terlezat di pohon tempat mereka tinggal, setelahnya mereka akan tertidur kembali.

Dibalik kemalasan Koala, ternyata ada alasan kenapa Koala lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Hal ini disebabkan karena meskipun mereka mengkonsumsi daun kayu putih, namun ternyata daun ini bersifat racun bagi tubuh Koala, sehingga sistem pencernaan koala membutuhkan waktu dan tenaga untuk mencerna daun kayu putih dengan baik. Koala tidak mendapatkan nutrisi yang baik dari makanannya sehingga mereka tidak memiliki energi dan hanya menghabiskan banyak waktunya untuk tidur.

 

3. “Joey” merupakan nama untuk bayi koala

Fakta unik lainnya dari Koala adalah mereka memiliki sebutan khusus untuk bayi koala, sebutan tersebut yakni “Joey”. Bayi koala terlahir tanpa bulu dan belum bisa melihat, hal tersebut yang kemudian membuat seekor koala dewasa memiliki kantung di bagian perutnya untuk bisa menjaga dan melindungi bayi koala “joey” sampai bayi koala berumur 6 bulan. Koala betina dewasa sendiri hanya bisa melahirkan satu anak dalam satu tahun.

 

4. Koala terancam punah

Fakta terakhir yang cukup menyedihkan bagi hewan endemik Australia ini adalah koala termasuk dalam hewan yang terancam punah. Keberadaan koala terancam punah karena rumah mereka yakni pohon kayu putih bukanlah termasuk jenis pohon yang dilindungi, sehingga setiap tahunnya koala kehilangan pohon yang berfungsi sebagai rumah dan juga sebagai sumber makanan. Saat ini sendiri, 90% populasi dari Koala di Australia telah mati dan hanya menyisakan sekitar 8.000 koala yang masih hidup di beberapa wilayah hutan kayu putih di Australia.