Cara Membedakan Telur yang Masih Baik dan Telur yang Busuk

Fakta Nyata –¬†Banyak orang sering salah dalam membedakan mana telur yang sudah busuk, mana telur yang berkualitas baik. Padahal, ada cara sederhana untuk dapat mengetahui mana telur yang segar dan telur yang sudah busuk. Yang perlu diperlukan hanyalah air.

Cara yang mudah untuk mengetahui apakah telur yang kita beli sudah membusuk adalah dengan meletakkan telur tersebut di air yang sudah disediakan.

Image result for membedakan telur busuk

Jika telur tersebut mengapung, maka bisa dipastikan jik telur tersebut sudah membusuk.

Yang jadi pertanyaannya sekarang adalah, apakah metode tersebut sahih?

Dikutip dari The Daily Meal, metode yang digunakan tersebut ternyata dibenarkan oleh Departemen Pertanian dan Keamanan Pangan Amerika Serikat. Mereka membenarkan  bahwa telur yang mengapung di air menandakan telur tersebut sudah tidak segar atau cukup tua.

Namun, untuk mempertegasnya kamu perlu meretakkan sedikit cangkang telur tersebut dan kemudian menciumnya. Jika kamu mencium ada bau aneh dan tidak sedap yang keluar selain bau amis dari terlur tersebut, maka itu menandakan jika telur sudah membusuk.

Jika kamu masih meragukannya, kamu bisa mencoba untuk menuangkan telur tersebut ke dalam mangkuk dan perhatikan apakah ada bentuk yang aneh seperti kuning telur yang tidak utuh, atau banyak warna kehitam-hitaman yang ada di telur tersbut. Jika iya, itu menandakan telur sudah busuk.

Telur yang sudah busuk itu dipastikan sudah tidak layak dikonsumsi.

Penanganan memakan telur yang sudah busuk

Image result for ciri telur busuk

Mengutip dari AloDokter, ketika kamu tidak sengaja memakan telur yang sudah busuk, maka ada beberapa gejala yang akan kamu alami. Gejala tersebut biasanya seperti mual, muntah, pusing, diare, sakit perut hingga demam

Menurut dr. Natasha Alexander, pertolongan pertama yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Minum carbon active untuk menyerap racun dalam tubuh, seperti campuran air, jus lemon asli, pemanis alami, dan arang aktif.
  • Minum susu putih.
  • Istirahat cukup.
  • Makan makanan yang bergizi.
  • Minum air putih minimal 2 liter sehari.
  • Minum parasetamol saat terasa pusing atau demam.