Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Bolehkah Diseduh Dengan Air Panas?

Fakta Nyata –¬†Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam minuman jahe untuk kesehatan tubuh. Minuman jahe sendiri sangat biasa dinikmati saat hangat.

Namun tahukah anda, jika manfaat jahe ternyata hilang saat diseduh dengan air yang terlalu panas!

Dr Abrijanto, seorang pakat herbal menjelaskan, senyawa aktif yang terkandung dalam jahe akan bisa hilang jika diseduh dengan air yang mendekati mendidih. Padahal senyawa aktif inilah yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Oleh karena ketidaktahuan ini, banyak dari kita yang malah mengolah jahe dengan merebusnya dengan air mendidih dan meminumnya saat panas.

Padahal hal ini sangat salah, karena pengolahan dengan cara tersebut senyawa aktif seperti flavonoid dan saponin menjadi rusak.

Senyawa flavonoid dan saponin ini langsung rusak jika terkena suhu yang terlalu panas. Padahal dua senyawa aktif ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kegunaan Flavonoid dan Saponin

Tak Hanya Bikin Hangat, Minuman Jahe Punya Banyak Khasiat - Alodokter

Flavonoid dan saponin memiliki manfaat sebagai agen anti-inflamasi, antijamur, anti-kanker. Dua senyawa ini jug memiliki manfaat lain seperti menguatkan sistem imun dalam tubuh.

Bahan herbal lainnya yang mengandung senyawa flavonoid dan saponin ini memiliki karakteristik yang khusus. Biasanya akan berbusa saat diaduk dengan air.

Tanaman herbal yang mengandung flavonoid dan saponin akan sangat bermanfaat jika di olah dengan benar.

Cara terbaik untuk tetap mempertahankan khasiat flavonoid dan saponin dari minuman jahe ini adalah dengan mengonsumsi minuman jahe dalam suhu antara 60-70 derajat celsius.

Cara untuk mengetahui suhu 60-70 derajat celsius adalah suhu tersebut sesuai dengan suhu air hangat dari dispenser.

Bila jahe diseduh dengan air yang terlalu panas senyawa aktif yang terkandunt dalam jahe akan hilang, namun mengapa saat diminum rasanya hangat di dalam tubuh?

Hal ini karena jahe memiliki minyak atsiri yang tahan dengan suhu panas.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk jahe, namun juga berlaku pada semua bahan herbal lainnya yang mengandung senyawa aktif agar jangan diseduh dengan air terlalu panas.