Makanan Khas Dari Jepang, Inilah 4 Fakta Menarik Mie Ramen

Fakta Nyata – Mie ramen saat ini menjadi salah satu jenis masakan yang disukai oleh banyak orang. Makanan yang dikenal berasal dari Jepang ini sendiri bahkan menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia.

Mienya yang kenyal, dan juga rasa kuah kaldu yang lezat membuat mie ini menjadi makanan yang menggugah selera banyak orang. Mie ramen sendiri terbuat dari empat bahan, yakni tepung terigu, garam, air, dan kansui. Beberapa orang mengira bahwa mie ramen memiliki campuran telur di dalamnya karena memiliki warna kuning. Padahal, warna kuning dari mie ramen berasal dari Kansui, yakni sebuah larutan alkali yang mengatur tingkat keasaman adonan mie sehingga membuat mie berwarna kuning.

Selain memiliki kandungan Kansui di dalamnya, mie ramen memiliki fakta-fakta lainnya yang menarik untuk dibahas. Empat fakta mie ramen diantaranya yakni :

 

1. Ramen tidak berasal dari Jepang

Banyak orang mengira ramen berasal dari Jepang, padahal faktanya adalah mie ramen pertama kali dibuat di China. Menurut sejarah, mie ramen dulunya adalah sup khas China yang kemudian dibawa ke Jepang oleh pedangang dari China pada abad ke-19. Kata ‘Ramen’ sendiri merupakan kata yang berasal dari pengucapan karakter kanji di bahasa Jepang, sedangkan mie ramen di China disebut sebagai ‘lo mein’ atau ‘lau mein’.

 

2. Miso ramen mulai diciptakan di Jepang tahun 1950-an

Dengan datangnya pedangan China ke Jepang dan mengenalkan asal mula ramen, pada akhirnya di tahun 1955, tepatnya di Sapporo, Jepang, orang-orang mulai mengembangkan ramen dengan menggunakan bumbu Jepang bernama Miso. Tidak hanya menggunakan miso, ramen Jepang juga ditambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti kecap dan garam agar rasanya lebih lezat.

Setelah pengembangan tersebut, miso ramen semakin populer dan terkenal di Jepang. Terkenalnya miso ramen di Jepang sendiri membuat seorang pria Jepang bernama Momofuku Ando membuat dan menjual mie ramen instan. Ide ini sendiri muncul karena pada zaman dulu di Jepang, setelah perang dunia II seluruh masyarakat Jepang kekurangan pangan dan kelaparan. Oleh sebab itu, Momofuku menciptakan mie ramen instan yang saat ini lebih dikenal dengan nama Nissin Foods.

 

3. Mie ramen instant pernah dikonsumsi di luar angkasa

Ciptaan mie ramen instant karya Momofoku Ando ternyata tidak hanya membantu Jepang dalam mengatasi kasus kelaparan saja. Nyatanya, mie ramen instant menjadi mie jenis pertama yang dibawa dan bisa dimakan di luar angkasa di tahun 2005.¬† Di tahun 2005 sendiri seorang astronot Jepang bernama Soichi Noguchi membawa mie ramen instant bernama ‘Space Ram Noodles’ ke luar angkasa menggunakan pesawat ulang alik.¬†Penemuan Momofoku Ando dalam menciptakan mie ramen instant yang bisa disegel membuat mie ini lebih mudah dimakan di luar angkasa meskipun dalam kondisi tanpa gravitasi.

 

4. Ada museum ramen instan di Jepang

Mie ramen instant yang semakin populer di Jepang kemudian menjadi makanan praktis yang mudah dibuat dan juga murah. Kecintaan Jepang akan mie ramen instant bahkan membuat mereka memiliki museum khusus untuk mie instant bernama ‘Museum Cup Noodles’. Museum ini sendiri didekasikan kepada pencetus mie ramen instant yakni Momofuku Ando, dan digunakan untuk memajang sejarah produk mie instant dan hasil karya dari Momofuku Ando.

Selain melihat sejarah mie ramen instant, di museum ini kita juga bisa memesan dan melihat secara langsung pembuatan ramen instant. Bahkan pengunjung bisa memberikan request sesuka hati untuk ramen instant mereka karena museum ini memiliki 5.460 kombinasi ramen yang bisa dibuat. Namun jika kamu tidak sempat mengunjungi museum ramen, di Jepang kamu bisa dengan mudah menemukan vending machine yang menjual mie ramen instant.

Sumber : https://www.dailysia.com/tak-hanya-lezat-ini-8-fakta-ramen-yang-wajib-kamu-tahu/