Inilah 4 Fakta Menarik Dari Bunga Krisan

Fakta Nyata РBunga krisan menjadi salah satu bunga hias yang mudah ditemukan di Indonesia. Bunga yang memiliki nama latin chrysanthemum ini sering dijadikan sebagai bunga dekorasi, buket bunga, bahkan dijadikan sebagai bahan makanan.

Bunga krisan sendiri termasuk dalam jenis tanaman yang sudah lama dibudidayakan. Bunga ini pertama kali dibudidayakan di China pada abad ke-15 sebelum masehi. Pada masa tersebut, bunga krisan diyakini memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk berbagai penyakit manusia, seperti contohnya yakni air rebusan akar bunga krisan yang digunakan sebagai obat sakit kepala. Bunga krisan memiliki fakta-fakta unik dan menarik lainnya yang belum diketahui oleh banyak orang, 4 fakta diantaranya yakni :

 

1. Memiliki Banyak Varian

Bunga krisan yang sudah dibudidayakan sejak abad ke-15 sebelum masehi ini membuat bunga krisan memiliki banyak penyilangan. Penyilangan antar-bunga krisan inilah yang kemudian membuat bunga krisan memiliki berbagai varian dan warna. Warna dasar bunga krisan sendiri adalah warna emas, namun varian bunga krisan yang beredar saat ini terdiri dari berbagai warna yakni kuning, merah muda, ungu, hijau, putih, ungu, dan merah. Selain itu, varietas bunga krisan saat ini juga banyak, diantaranya yakni lilac candy, pearly candy, dan white candy. Keanekaragaman bunga krisan membuat bunga ini memiliki varian dengan bentuk yang berbeda-beda.

 

2. Bunga Krisan Menyimpan Banyak Makna

Tidak hanya di Indonesia dan China, bunga ini sudah tersebar ke seluruh penjuru negara bahkan sampai dengan benua Amerika. Namun uniknya, bunga krisan memiliki makna yang berbeda di tiap-tiap negara. Seperti contohnya saja bunga krisan di Jepang melambangkan kekaisaran, sedangkan bunga krisan di Amerika Serikat melambangkan optimisme dan kegembiraan. Indonesia pun melambangkan bunga krisan dengan makna kecantikan dan kegembiraan.

Meskipun di Jepang dan Amerika Serikat bunga krisan memilki makna yang ke arah positif, namun ternyata bunga krisan memiliki makna yang berbeda di negara lain. Seperti contohnya yakni bunga krisan dikaitkan dengan simbol duka dan kematian di negara Spanyol dan Belgia.

 

3. Bunga Krisan Bisa Dikonsumsi

Jika kamu sering mengkonsumsi teh, maka kamu sudah tidak asing lagi mendengar teh bunga krisan. Faktanya, bunga krisan memang dijadikan sebagai salah satu bahan makanan, dan produk konsumsi yang paling terkenal adalah teh bunga krisan. Teh yang menggunakan kepala bunga krisan yang kering ini menjadi salah satu jenis teh terkenal di China karena diyakini memiliki khasiat yang menyehatkan tubuh manusia.

Selain dijadikan teh, ternyata bagian dari tumbuhan bunga krisan juga bisa diolah sebagai bahan makanan lho! Salah satunya yakni penggunaan daun bunga krisan ke dalam salad. Namun dalam mengkonsumsi krisan, kita perlu berhati-hati karena tanaman ini bisa saja sudah terkontaminasi pestisida ataupun bahan kimia berbahaya lainnya.

 

4. Minyak Ekstrak Bunga Krisan Bisa Digunakan Sebagai Insektisida

Tidak hanya bisa dikonsumsi, ternyata bunga krisan juga memiliki manfaat lainnya yakni sebagai insektisida. Minyak ekstrak tanaman ini sendiri diyakini dapat mengusir serangga ataupun nyamuk, sehingga nama bunga krisan bisa kita jumpai dalam daftar komposisi pada semprotan anti serangga dengan kata “pyrethrum”.