Yuk Simak 4 Fakta Menarik Tentang Felis Nigripes Black Foot, Kucing Paling Mematikan Sedunia

Fakta Nyata – Kita tentunya sudah familiar dengan hewan yang bernama kucing, karena kucing umum dijadikan sebagai hewan peliharaan dan juga banyak kucing liar yang bertebaran di lingkungan sekitar. Ketika kita memikirkan tentang kucing, mungkin hal yang akan terlintas adalah keimutan dan kelucuan dari hewan ini. Namun, tahukah kamu bahwa ada kucing yang dinobatkan sebagai kucing paling mematikan sedunia?

Ternyata di dunia ini ada jenis kucing yang mematikan. Jenis kucing yang akan kita bahas dalam artikel ini bukanlah harimau ataupun singa, melainkan kucing berjenis Black Footed Cat. Black Footed Cat memiliki nama latin yakni Felis Nigripes. Lalu, apa saja fakta menarik dibalik kucing paling mematikan yang satu ini? Yuk kita simak 4 faktanya, yakni :

 

1. Berasal dari benua Afrika

Kucing yang dinobatkan sebagai kucing paling mematikan di dunia ini ternyata berasal dari benua Afrika lho! Black Footed Cats bisa ditemukan di 3 negara di benua Afrika, yakni Botswana, Namibia, dan Afrika Selatan.

 

2. Menjadi kucing dengan ukuran terkecil kedua

Meski dinobatkan sebagai kucing paling mematikan sedunia, ternyata Black Footed Cat termasuk dalam urutan kedua kucing terkecil di dunia dan urutan pertama kucing terkecil di benua Afrika.

Ukuran tubuh dari Black Footed Cat sendiri biasanya memiliki panjang dari 36 hingga 52 cm dengan rata-rata memiliki berat badan 1 hingga 3 kg. Sedangkan jika Black Footed Cat berdiri, maka hanya akan setinggi 20 cm saja. Wah… termasuk kecil ya ukurannya untuk seekor kucing.

 

3. Terancam punah

Karena memiliki ukuran tubuh yang kecil dan juga menjadi salah satu jenis kucing yang “eksotik”, hal tersebut kemudian membuat kucing jenis ini diperdagangkan. Selain itu, kucing ini juga dijadikan sebagai umpan untuk makanan srigala. Oleh karena perbuatan-perbuatan tersebut, Black Footed Cat terdaftar dalam¬†International Society for Endangered Cats¬†sebagai salah satu jenis kucing yang terancam punah. Itu sebabnya kucing ini hanya bisa ditemukan di 3 negara di benua Afrika saja.

 

4. Berburu pada malam hari

Black Footed Cat termasuk dalam kucing nokturnal, oleh sebab itu kucing ini memburu makanannya di malam hari. Lalu, apa sih alasannya Black Footed Cat dinobatkan sebagai kucing paling mematikan di dunia? Alasannya adalah keberhasilan berburu yang dilakukan oleh Black Footed Cat bisa mencapai 60%! Selain itu, kucing ini memiliki metabolisme tubuh yang cepat sehingga membuat kucing ini melakukan pemburuan mangsa secara terus menerus.

Dengan tubuhnya yang kecil, membuat Black Footed Cat lincah dan gesit dalam berburu mangsa. Biasanya Black Footed Cat berburu mangsa seperti tikus, burung, laba-laba, dan reptil kecil. Selain itu dalam berburu mangsa, Black Footed Cat memiliki 3 metode. Metode pertama yang dilakukan adalah bersembunyi dibalik rerumputan yang tinggi, metode yang kedua adalah menyelinap dengan diam-diam, dan metode yang ketiga adalah menunggu di dekat sarang mangsa.

Ketiga metode ini kemudian membuat Black Footed Cat dapat dengan mudah menyergap dan menangkap mangsa buruan. Dalam 50 menit, setidaknya kucing ini bisa membunuh satu hewan yang akan dijadikan mangsa, dengan tingkat keberhasilan mencapai 60%. Bahkan dalam satu malam, Black Footed Cat bisa membawa sekitar 10 dan 14 mangsa hasil pemburuan.