Friday The 13th Hari Sial? Faktanya…

Faktanyata.id РJumat lalu, tanggal 13 September, diyakini bahwa itu hari sial. Masa sih? Well, dalam budaya Barat, jika tanggal 13 dan hari Jumat bertemu, itu akan membawa musibah.

Sangat sedikit yang diketahui tentang asal-usul hari itu. Beberapa sejarawan percaya bahwa takhayul di sekitarnya muncul pada akhir abad ke-19. Penyebutan yang didokumentasikan pertama kali dapat ditemukan dalam biografi komposer Italia Gioachino Rossini, yang meninggal pada hari Jumat tanggal 13. Sebuah buku tahun 1907, Friday the Thirteenth, karya pengusaha Amerika Thomas Lawson, mungkin lebih jauh mengabadikan takhayul.

Yang lain percaya bahwa mitos itu berasal dari Alkitab. Yesus disalibkan pada hari Jumat dan ada 13 tamu pada Perjamuan Terakhir malam sebelum penyaliban-Nya.

Friday the 13th merupakan mitos yang sangat menakutkan. Bahkan, ada beberapa orang yang mengalami phobia akan hari ini. Phobia ini dinamakan “Friggatriskaidekaphobia”. Panjang banget dan super susah untuk dibaca sih memang. Entah siapa pelopor nama phobia tersebut.

Tapi, nama tersebut bukan dibuat secara random lho! Dari sisi etimologi, ini menyangkut ke bahasa Norse dan Yunani. “Frigg” diambil dari dewi Norse yang bernama Freyja, sedangkan “triskaideka” diambil dari bahasa Yunani artinya “13”.

Beberapa penelitian dari pengamat menyatakan bahwa memang dalam beberapa kasus, Friday the 13th merupakan hari sial. Contohnya, bisnis penerbangan selalu mengalami kerugian pada Friday the 13th.

Nomor 13 memang sangat terkenal sebagai angka sial. Seperti yang kita bisa lihat, beberapa hotel, apartment, dan gedung-gedung tinggi lainnya tidak memiliki lantai 13.

Namun, tidak banyak fakta yang bisa menjadikan Friday the 13th merupakan hari sial semua orang. Contohnya saja, banyak sekali film horror yang terinspirasi dari Friday the 13th dan menjadi booming! Nggak sial sama sekali, kan? Untung banyak malah.

Jadi, jangan takut sama Friday the 13th ya! Semua orang pasti mengalami keberuntungan dan juga mengalami sial. Itu sangat normal kok!