Bunga Cantik Yang Tumbuh Di Air, Inilah 4 Fakta Menarik Dari Bunga Teratai

Fakta Nyata – Jika biasanya bunga hidup melalui media tanam tanah, hal ini berbeda dengan bunga unik yang satu ini. Bunga teratai adalah salah satu bunga yang unik, karena bunga ini merupakan jenis tanaman hidrofit yang tumbuh di atas air.

Untuk bisa hidup di atas air, bunga teratai memanfaatkan daunnya yang tipis agar tetap bisa terapung meskipun akarnya berada di dalam air. Selain itu, daun serta kelopak dari bunga teratai juga tidak bisa basah karena memiliki permukaan lapisan lilin, sehingga air yang menetes tidak akan terserap melainkan membentuk seperti butiran. Berikut ini merupakan 4 fakta menarik dari bunga teratai, yakni :

 

1. Memiliki lebih dari 50 spesies

Bunga teratai memiliki lebih dari 50 spesies yang berbeda bentuk, warna, ukuran, aroma, bahkan sampai berbeda pola mekar bunganya. Bunga teratai dengan ukuran paling besar sendiri berasal dari negara tropis di Amerika Selatan, seperti contohnya yakni negara Brazil. Bunga teratai terbesar ini merupakan jenis bunga teratai air Amazon yang memiliki diameter 1 Р1,8 meter dan mampu menopang berat maksimal 30 kilogram. 

 

2. Bunga teratai memiliki berbagai variasi warna

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bunga teratai memiliki lebih dari 50 spesies. Jika melihat dari foto saja mungkin kita berpikir bahwa bunga teratai hanya memiliki warna putih dan pink saja. Namun faktanya, bunga teratai memiliki warna-warna indah lainnya seperti merah muda, merah, jingga, kuning, ungu, dan biru. Warna dari bunga teratai sendiri bisa berubah seiring bunga teratai mekar.

 

3. Bunga teratai memiliki peran penting dalam ekosistem air

Sebagai bunga hydrofit, bunga teratai tidak hanya mampu bertahan hidup di air tetapi bunga ini juga memiliki peran penting dalam ekosistem air. Tanaman yang mudah ditemukan di perairan dangkal dengan arus tenang ini memiliki peran sebagai pelindung agar menjaga suhu air tetap sejuk dan ganggang tidak tumbuh secara berlebihan. Selain itu, bunga teratai juga memiliki fungsi sebagai pelindung ikan dari burung pemangsa dan juga dari panasnya sinar matahari.

 

4. Digunakan sebagai simbol dalam agama Budha dan Hindu

Salah satu hal yang membuat bunga teratai dikenal di masyarakat adalah karena bunga ini dijadikan sebagai simbol dari agama Budha dan Hindu. Dalam agama tersebut, bunga teratai dilambangkan sebagai simbol kebangkitan. Hal ini disebabkan karena siklus mekar bunga teratai yang mekar di pagi hari dan menutup di malam hari.

Selain siklus mekar, kemampuan bunga teratai yang bisa tetap hidup meskipun berada di atas lumpur juga menjadi salah satu alasan bunga ini dijadikan sebagai simbol dalam agama Buddha. Siklus mekar bunga teratai dan kemampuan hidup di atas lumpur ini membuat umat Buddha percaya bahwa bunga teratai melambangkan pencerahan, karena bunga teratai tetap mekar dengan indah walaupun hidup di lingkungan yang gelap dan kotor layaknya lumpur.